Home » General » Apakah Tugas dan Wewenang Komnas HAM

Komnas HAM atau Komisi Nasional Hak Asasi Manusia  adalah salah satu lembaga yang bertujuan untuk menegakan hukum negara di Indonesia, Komisi Nasioal Hak Asasi Manusia dalam UU No 39 tahun 1999 pasal 1 bab 7 menyatakan bahwa lembaga Komnas Ham adalah salah satu lembaga yang mandiri dan kedudukannya seperti lembaga Рlembaga yang lainnya dan berfungsi untuk melaksanakan penyuluhan, pengkajian, penelitian, pemantauan dan juga mediasi hak asasi manusia. Komnas Ham ini dibentuk oleh keputusan presiden (Kepres) nomor 50 pada tahun 1993 namun pada tahun 1999 dituangkan kedalam UU No 39 tahun 1999 tentang HAM atau Hak Asasi Manusia. Lantas mengapa di bentuk Komnas Ham?? Dan apa wewenang dari Komisi Nasional Hak Asasi manusia?? marilah kita simak artikel dibawah ini.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Komnas HAM adalah salah satu lembaga yang bertujuan untuk mengakkan hukum negara yang ada berhubungannya dengan Hak Asasi Manusia, dan wewenangnya meliputi fungsi pengkajian dan penelitian, fungsi penyuluhan, dan juga fungsi mediasi.

Dan apakah Anda ingin membaca Wewenang Pemerintah Pusat

www.draftgorenh.com

Tugas dan Wewenang Komnas HAM

Untuk melakukan funginya Komnas HAM memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut ini.

1.Fungsi Penyuluhan

  • Komnas Ham mempunyai kewajiban untuk menyebarluaskan wawasan mengenai hak asasi manusia kepada seluruh masyarakat Indonesia.
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga lainnya baik lembaga yang bersifat nasional, regional dan juga internasional dalam bidang memenuhi Hak Asasi Manusia.
  • Melakukan usaha untuk kesadaran hak asasi manusia melalui lembaga – lembaga pendidikan baik lembaga formal atau non formal.

wewenang-komnas-ham

2. Fungsi Pengkajian dan Penelitian

  • Melakukan pengkajian dan penelitian berbagai peraturan perundang undangan untuk memberikan rekomendasi saran maupun kritikan tentang pembentukan, perubahan, dan pencabutan perundang undangan mengenai tentang hak asasi manusia.
  • Melakukan studi lapangan, studi kepustakaan dan juga studi banding dengan negara lain yang berhubungan mengenai hak asasi manusia.
  • Penerbitan hasil penelitian dan pengkajian tentang hak asasi manusia.
  • Melakukan pembahasan perlindungan, penegakan hukuman dan kemajuan tentang hak asasi manusia
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga lembaga lain seperti lembaga yang bersifat internasional, regional, dan juga nasional daalam bidang hak asasi manusia

3. Fungsi Mediasi

  • Untuk melakukan fungsi mediasi komnas has harus bisa malakukan upaya perdamaian antara kedua belah pihak waktu terjadi adanya masalah.
  • Melakukan penyelesaian perkara atau masalah dengan cara konsultasi, konsialisi, negoisasi, mediasi dan penilaian para ahli.
  • Melakukan upaya atau pemberian saran kepada para pihak yang terkait untuk menyelsaikan sengketa atau permasalahan yang ada melalui meja hijau atau pengadilan.
  • melakukan penyampaian rekomendasi ketika ada suatu kasus pelanggaran hak asasi manusia kepda pemerintah agar permasalahan segera di tindak lanjuti dengan sebaik baiknya.
  • melakukan suatu penyampaian rekomendasi terhadap DPR RI atas suatu kasus pelanggaran yang mengenai hak asasi manusia

Nah itulah bentuk tugas dan wewenang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau yang sering disebut juga KOMNAS HAM, untuk itu kita harus bisa mengetahui tugas tugas dan wewenang lembaga pemerintahan termasuk juga wewenang pemerintahan pusat, pemerintahan daerah. dan semoga artkel ini dapat bermanfaat Anda, sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter