Home » Education » Bachelor Degree Adalah, Arti Lengkap dari Sisi Bahasa

Pendahuluan

 

bachelor degree adalah

 

Apakah Anda tahu apakah Bachelor Degree ?? Bachelor Degree adalah nama sebuah gelar kalau di negara Indonesia lebih dikenal dengan sebutan S1 (Sarjana) dan untuk memperoleh gelar bachelor degree maka seseorang harus mengikuti prodram undergraduate. dan selain bachelor degree masih banyak lagi nama gelar siluar negeri seperti contoh Associate Degree yaitu sama dengan D3 (Diploma), Graduate S2 (magister), dan juga Postgraduate S3 (Doctor) untuk penjelasan yang selegkapnya mari kita simak artikel ini hingga tuntas.

Setiap negara pasti mempunyai sistem pemerintahan dalam semua bidang diantaranya yaitu bidang pendidikan, jelas dan mungkin bahwa pendidikan di suatu negara dengan negara lainnya berbeda. Sekarang kita ambil contoh pendidikan di negara kita negara Indonesia dan juga negara lain seperti Amerika Serikat (USA) .

Di negara Indonesia sistem pendidikannya yang wajib itu 12 tahun yang dimulai dari SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah) 6 tahun, lalu dilanjutkan SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau MTs (Madrasah Tsanawiyah) 3 tahun dan setelah itu dilanjutkan ke SMA (Sekolah Menengah Atas) atau MA (Madrasah Aliyah) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) 3 tahun.

Sedangkan di negara Amerika Serikat sendiri sistem pendidikannya wajib hanya 11 tahun dan setelah lulus itu pun sudah mendapatkan gelar Diploma dan hal mendapatkan gelar diploma ini berbeda dengan mendapatkan gelar diploma yang ada di negara Indonesia, di negara Indonesia setelah lulus belajar wajib 12 tahun harus menambah 1 – 3 tahun lagi masa belajar untuk mendapatkan gelar diploma baik diploma 1, diploma 2, dan juga diploma 3. Dan apabila ingin sarjana maka harus menambah 4 tahun lagi setelah menuntaskan belajar wajib 12 tahun. Dan berikut kami akan menjelaskan pengertian undergraduate, graduate, postgraduate.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

  • Bachelor Degree adalah gelar sarjana yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan 4 tahun setelah lulus dari High School atau SMA setara dengan S1 (Strata 1).

 

Baca Juga Ciri – Ciri Negara Kesatuan

www.draftgorenh.com

none repeat scroll 0% 0%; border: 1px solid #dddddd; width: 85%; text-align: center;” align=”center”>

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Ciri – ciri negara kesatuan itu meliputi sebagai berikut:

  • Terdiri dari satu undang – undang dasar, kepala negara atau presiden, dewan mentri, dan juga dewan perwakilan rakyat.
  • Kedaulatan negara mencangkup kedaulatan ke dalam dan juga kedaulatan ke luar yang telah di tanda tangani oleh pemerintah pusat.
  • Menganut dua sistem yaitu sistem sentralisasi dari pusat dan juga sistem desentralisasi dari daerah.
  • Hanya menggunakan satu kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi seperti masalah ekonomi, budaya, sosial, politik, keamanan dan juga pertahanan.

Baca Juga Manfaat Hubungan Internasional

www.draftgorenh.com

 

Pengertian Program Undergraduate, Graduate, Postgraduate.

bachelor degree

1. Program Undergradute

Setelah lulus dari High Schol atau di Indonesia terkenal dengan SMA maka akan mendapatkan gelar diploma, dan siswa atau siswi ini diperbolehkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau terjun ke dunia kerja. Sementara jika ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi bisa melanjutkan ke college atau Univercity untuk mendapatkan sertifikat (Certificate), Associate Graduate, dan juga Bachelor Degree. Dengan ketentuan dan jangka waktu sekitar berikut.

  1. Untuk mendapatkan Certificate di tempuh dalam waktu 1 tahun.
  2. Dan untuk mendapatkan Associate Degree di tempuh dalam waktu 2 tahun. (60 SKS)
  3. Sedangkan untuk mendapatkan Bachelor Degree di tempuh dalam waktu 4 tahun. (120 SKS)

Nah untuk kedua program yaitu program Associate Degree dan juga Bachelor Degree merupakan kumpulan yang dapat dikategorikan sebagai program Undergraduate.

2. Program Graduate dan Postgraduate

program graduate itu merupakan program lanjutan, kalau di Indonesia merupakan kelanjutan S1 yaitu S2 yang biasa disebut dengan pascasarjana, dan di tingkat ini akan mempelajari program – program studi yang lebih spesifik dari program studi sebelumnya. Graduate adalah program untuk mendapatkan gelar Master atau Magister sedangkan Postgraduate adalah program untuk mendapatkan gelar Doktor atau Doctor (PhD).

Namun ada beberapa jenis universitas yang menerapkan istilah yang berbeda seperti contoh golongan untuk mendapatkan gelar master ada di program graduate dan ada juga yang menggolongkan ke program postgraduate, namun inti dari keduanya tetaplah sama .

Berikut kesimpulan mengenai tulisan yang saya tulis di atas.

  • Bachelor adalah sarjana (muda).
  • Degree adalah gelar.
  • Associate Degree yaitu sebuah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan 2 tahun setelah lulus dari High School atau SMA setara dengan D3.
  • Bachelor Degree adalah gelar sarjana yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan 4 tahun setelah lulus dari High School atau SMA setara dengan S1 (Strata 1).
  • Undergraduate adalah program yang terdiri dari program Associate dan juga Bachelor.
  • Graduate adalah program lanjutan dari bachelor degree untuk mendapatkan gelar magister atau S2 (Strata 2).
  • Postgraduate adalah sebuah program lanjutan dari graduate yaitu program untuk mendapatkan gelar doctor

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter