Home » Home & Family » Ciri – Ciri Interaksi Sosial dan Juga Pengertiannya

Pengertian Interaksi Sosial

Dalam kehidupan sehari hari kita tentu memilik hubungan dengan orang lain entah itu keluarga atau teman karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial, jadi tidak lepas hubungan dengan orang lain. Interaksi sosial sendiri bisa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok dan lain sebagainya. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara 2 orang lebih dan masing – masing orang yang ada di dalamnya turut melakukan perannya secara aktif, selain itu hubungan interaksi sosial ini tidak hanya sekedar hubungan orang yang terlibat saja melainkan orang yang terlibat itu isa mempengaruhi satu sama lainnya.

Berdasarkan tim sosiologi pada tahun 2002 hubungan interaksi sosial ini mempunyai 2 syarat yaitu adanya kontak sosial dan juga komunikasi. Kontak sosial sendiri hubungan antara satu pihak dengan pihak yang lain diman hubungan itu menjadi awal terjadinya interaksi sosial dan masng – masing orang saling berinteraksi satau sama lain meskipun tidak harus terjadinya kontak fisik, sedangkan komunikasi itu artinya berhubungan atau bergaul dengan orang lain.

 

ciri ciri interaksi sosial

 

Ciri – Ciri Interaksi Sosial

 

Tim sosiologi pada tahun 2002 juga mengungkapkan bahwa ciri – ciri interaksi sosial ada 4 yaitu:

1. Jumlah Pelakunya Lebih Dari Satu Orang

Seperti yang saya terangkan di atas bahwa interaksi sosial itu akan terjadi bilamana ada hubugan interaksi baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Nah jadi tidak mungkin interaksi sosial bisa terjadi jika dilakukan dengan 1 orang saja.

2. Terjadinya Komunikasi diantara Pelaku Melalui Kontak Sosial

Interaksi sosial sendiri membutuhkan kontak sosial yang di dalamnya terjadi komunikasi antara pelaku sosial, dengan terjadinya komunikasi itu maka akan timbulah suatu pokok pembahasan dan akan menyebabkan terjadinya interaksi sosial, dengan begitu maka yang diharapkan terjadinya interaksi sosial tersebut dapat memberikan efek yang baik bagi pemberi pesan dan juga semua individu yang terlibat dalam interaksi sosial tersebut.

3. Mempunyai Maksud dan Tujuan yang Jelas

Dalam sebuah terjadinya komunikasi tadi ada yang namanya encoding dimana komunikator atau mentor menyampaikan sebuah pesan pada komunikan sehingga dapat menimbulkan suatu interaksi sosial yang mempunyai maksud dan tujuan yang jelas.

4. Adanya Dimensi Waktu

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Hak warga negara yaitu segala sesuatu yang harus di terima oleh setiap individu namun ada batasan atau aturan dengan negara tersebut.

Baca juga Inti Masalah Ekonomi yang perlu Anda ketahui

www.draftgorenh.com

Pada saat terjadinya interaksi sosial juga di dapatkan ciri dimensi waktu baik itu terjadi di maslampau, masa now atau sekarang dan juga masa depan. Dan yang menentukan arah pembicaraan yaitu komunikator yang akan menentukan sikap pesan yang akan disampaikannya tersebut

 

Bantuk – Bentuk Interaksi Sosial

interaksi sosial

Setelah saya menjelaskan tentang ciri ciri interaksi sosial berikut saya juga menjelaskan sedikit bentuk bentuk interaksi sosial. Hubungan antar warga atau rakyat itu berlangsung setiap harinya bahkan berlangsung setiap waktu, dengan adanya hubungan itu akan menyebabkan interaksi sosial. Dimanapun atau kapan pun interaksi sosial ini pasti terjadi, dimana interaksi sosial ini pasti juga menyebabkan kan hal yang berbeda atau bertolak belakang dimana ada suatu interaksi sosial yang sifatnya membangun, bekerjasama, gotong royong dll. Ada juga interaksi sosial yang bersifat negatif seperti konflik, pertikaian, peperangan tidak adanya rasa saling toleransi dan lain sebagainya. Berikut bentuk – bentuk interaksi sosial.

Bentuk Asosiatif

  1. Kerja sama (Cooperation)
  2. Akomodasi (Accomodation)
  3. Akulturasi (Acculturation)
  4. Asimilasi (Assimilation)

Bentuk  Disosiatif

  1. Persaingan (Competition)
  2. Kontroversi (Contraversion)
  3. Konflik (Conflict)

 

Nah itulah bentuk bentuk interaksi sosial, cukup sampai disini semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan dan juga ilmu bagi Anda, Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter