Home » General » Fungsi dan Wewenang Komnas HAM Beserta Tujuannya

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia adalah sebuah penyelenggara atau lembaga yang segala tindak tanduk tindakan yang berbau manusia, kedudukan lembaga komnas ham ini setara dengan lembaga – lembaga negara yang lainnya. Sedangkan pelanggaran ham adalah perbuatan atau kelakuan seseorang maupun kelompok baik secara sengaja atau tidak sengaja melakukan tindakan yang merugikan bagi seseorang individu lainnya mengenai dengan hak asasi manusia yang telah di jamin oleh undand – undang . Dan di negara Indonesia tugas komnas ham memilik tujuan agar membawa kehidupan yang lebih baik dan menghargai hak asasi manusia pada umumnya.

 

fungsi komnas ham

 

Komnas Ham yang ada di Negara Indonesia ini setidak tidaknya pernah melakukan suatu sidang, sidang itu biasa disebut dengan sidang paripurna, tujuan dilakukannya sidang ini adalah membawa atau mengembangkan suatu kondisi yang lebih baik untuk melaksanakan Hak Asasi Manusia dan serta meningkatkan pelindungan bagi setiap individu atau pribadi masing – masing yang ada di Indonesia. Selain itu dalam komnas ham juga dikenal dengan sebutan sub komisi, sub komisi ini membagi tugas komnas ham yang sesuai dengan undang undang yang berlaku yaitu seperti sub komisi pendidikan, sub komisi pengkajian, sub komisi penyuluhan, sub komisi mediasi, dan sub komisi pemantauan. Dan marilah kita simak artikel berikut tantang fungsi dan tujuan komnas ham.

 

Fungsi dan Wewenang Komnas HAM

 

Fungsi komnas ham yaitu menyelenggarakan atau untuk melaksanakan wewenangnya seperti mengkaji, memantau, penyuluhan, dan juga  mediasi hak asasi manusia, untuk itu mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Fungsi Komnas HAM Mengenai Wewenang Pengkajian Penelitian

 

  • Fungsi komnas ham mengkaji dan meneliti peraturan perundang undangan yang memberikan rekomendasi, pengarahan atau pencabutan yang berkaitan dengan hak asasi manusia.
  • Fungsi atau wewenang komnas ham selanjutnya yaitu melakukan kerjasama baik tingkat nasional, internasional, atau regional yang berkaitan dengan dnegan bidang hak asasi manusia.
  • Wewenang komnas ham juga berfungsi menerbitkan hasil penelitian dan juga pengkajian.
  • Fungsi komnas ham yang selanjutnya yaitu melakukan pembahasan mengenai tentang penegakkan, perlindungan, penegasan dan juga kemajuan untuk hak asasi manusia.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Fungsi komnas ham adalah untuk melaksanakan wewenang komnas ham  sperti mengkaji, meneliti, penyuluhan, pemantauan dan juga mediasi
Baca juga Perlawanan rakyat Bali

www.draftgorenh.com

2. Fungsi Komnas HAM Mengenai Wewenang Penyuluhan

  • Selain itu komnas ham juga berfungsi untuk melakukan pemantauan
  • Wewenang komnas ham juga menyebarluaskan wawasan mengenai hak manusia kepada seluruh masyarakat Indonesia
  • Wewenang dan fungsi komnas ham juga harus meningkaatkan kesadaran hak asasi manusia kepada pendidikan formal, ataupun non formal
  • fungsi komnas ham juga harus melakukan pemanggilan saksi, selanjutnya saksi diminta kesaksiannya untuk di dengar dan untuk korban atau pengadu diminta untuk menyerahkan bukti yang diperlukan.
  • wewenang dan fungsi komnas ham juga harus meninjau TKP atau tempat kejadian perkara dan tempat yang lainnya yang dianggap perlu saja.
  • Wewenang komnas ham jug berfungsi untuk melakukan penyelidikan atau pemeriksaan berdasarkan masalah  yang timbul agar masalah bisa segera di selesaikan.

 

3. Fungsi Komnas Ham Mengenai Bidang Mediasi

 

  • Wewenang komnas ham juga berfungsi untuk melakukan perdamaian antara kedua belah pihak.
  • Fungsi dan wewenang komnas ham juga bertujuan untuk melakukan upaya konsultasi, negoisasi, mediasi, konsialisasi dan juga penilaian para ahli.
  • Memberikan saran kepada yang bersengketa melalui jalur pengadilan

 

fungsi dan tujuan komnas ham

 

Tujuan Komnas HAM

 

Setelah kita mengetahui berbagai fungsi komnas berikut adalah tujuan komnas ham.

  1. Tujuan Komnas Ham yang pertama adalah untuk mengembangkan pelaksanaan yang baik bagi setiap individu tentang hak asasi manusia dengan pancasila, deklarasi universal HAM, piagam PBB, dan juga UUD 1945.
  2. Sedangkan tujuan komnas HAM yang kedua adalah menegakkan dan memberi perlindungan kepada semua orang individu masing – masing agar mereka bisa hidup sutuhnya dengan kebebasan yang ada.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang fungsi, wewenang, dan tujuan komnas ham, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter