Home » General » Hak dan Kewajiban Pemerintah Daerah yang Perlu Kita Ketahui!!

NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia ini di bagi atas beberapa provinsi dan sedangkan di dalam provinsi itu terdiri atas beberapa kabupaten atau kota lalu di daerah kabupaten atau kota juga terdiri atas kecamatan – kecamatan dan di kecamatan ada berbagai macam desa, kelurahan ataupun dusun. Pemerintah daerah adalah suatu pemerintahan yang mengatur wilayah daerah masing – masing, perangkat pemerintah daerah terdiri dari gubernur, dan bupati atau walikota. Selain itu masa jabatan pemerintah daerah yaitu berlangsung 5 tahun sesudah pelantikannya lalu setelah 5 tahun ada pemilu lagi dan bisa menjabat lagi jika sistem pemerintahannya bagus, baik, benar dan dipercaya oleh warga masyarakat di daerah tersebut.

Hak Pemerintah Daerah

hak pemerintah daerah

  1. Mengelola Kekayaan Daerah, Mengelola kekayaan yang ada di daerah juga menjadi hak pemerintah daerah.
  2. Mamanfaatkan Sumber Daya Alam,  yang ada disekitar atau di dalam daerah tersebut.
  3. Mengelola Aparatur Daerah, Mengelola aparatur daerah seperti gubernur, bupati, walikota, camat, kepdes dll juga termasuk hak pemerintah daerah.
  4. Memungut Pajak dan Retribusi, Memungut pajak dan retribusi yang ada di wilayah daerahnya juga termasuk haknya pemerintah daera.
  5. Mendapatkan Sumber – sumber yang lainnya, Seperti pendapatan dari penjualan milik daerah yang dijual dengan lelang, mendapat sumber dari BUMD ataupun BPD.
  6. Memilih Pemimpin Daerah, Pemerintah daerah  juga memilik hak untuk memilih pemimpin daerah.
  7. Mendapatkan Hak lain yang sudah diatur dalam perundang – undangan.

Selain hak pemerintah daerah Anda juga perlu mengetahui kewajiban pemerintah daerah, berikut beberapa contoh kewajiban pemerintah daerah.

Kewajiban Pemerintah Daerah

    1. Meningkatkan Kualitas Hidup, Kewajiban yang utama bagi pemerintah daerah yaitu bisa mensejahterakan rakyatnya maka meningkatkan kualitas hidpu bagi rakyatnya adalah kewajiban bagi pemerintah daerah.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Hak dan kewajiban pemerintah daerah sangatlah penting kita untuk mengetahuinya
Dan dapatkan informasi lainnya yang bisa bermanfaat untuk Anda hanya di

www.draftgorenh.com

baca juga contoh baju futsal yang bagus dan keren

  1. Menyediakan Tempat kesehatan, Tempat – tempat kesehatan seperti puskesmas, mabarrot, atau rumah sakit adalah salah satu kewajiban bagi pemerintah daerah apalagi menyediakan program gratis berobat bagi mereka yang tidak mampu.
  2. Meningkatkan  Pelayanan Dasar Pendidikan, pendidikan merupakan salah satu tempat yang penting untuk diperhatikan karena dari sinilah bisa tumbuh pemuda pemudi Indonesia yang bisa membanggakan nusa dan bangsa dan tentunya nama daerah juga akan mendapatkan getahnya jadi tempat pendidikan seperti sekolah atau madrasah juga menjadi pemicu utama kewajiban pemerintah daerah.

Nah selain 3 itu ada lagi kewajiban pemerintah daerah seperti melestarikan lingkungan hidup, melestarikan nilai sosial budaya, mengembangkan sistem jaminan sosial, mengelola administrasi kependudukan, menyusun perencanaan dan tata ruang, membentuk dan menerapkan peraturan perundang undangan, mengembangkan kehidupan demokrasi, mewujudkan keadilan dan pemerataan, menyediakan fasilitas umum dan fasilitas yang layak, memnegmbangkan sistem produktif daerah.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dan bila Anda ingin menambah wawasan lagi Anda bisa berkunjung ke alamat website kami setiap harinya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter