Home » Education » Identifikasi Masalah, Definisi Lengkap dari Para Ahli Adalah

Tahukah Anda apakah identifikasi masalah itu?? dalam artikel kali ini draftgorenh.com akan membahas tentang identifikasi masalah. Memang seharusnya hal yang perlu dilakukan sebelum membuat rumusan masalah kita harus melalui langkah yang terpenting dan tidak boleh terlewat yaitu identifikasi masalah, dalam membuat suatu makalah penelitian membuat identifikasi masalah itu harus dan wajib dilakukan karena hasil makalah penelitian itu berkualitas atau tidaknya tergantung kita yang menentukan mengidentifikasi sebuah masalah. Dan disini kami akan membahas sedikit tentang pengertian identifikasi maslalah beserta dengan sumber- sumbernya.

identifikasi masalah

 

Pengertian Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah atau disebut juga dengan Problem Identification adalah suatu proses dan hasil pengenalan masalah atau inventarisasi masalah dengan kata lain identifikasi masalah adalah salah satu proses penelitian yang bisa dikatakan langkah paling penting diantara langkah – langkah proses yang lain.

Masalah penelitian atau Research Problem akan menentukan hasil dan kualitas suatu penelitian bahkan bisa juga menentukan apakah itu termasuk sebuah penelitian atau tidak, dan masalah penelitian secara umumbisa di temukan melalui studi literatur atau litelature review dan bisa juga leawat pengamatan langsung seperti Observasi, Survey dan lain sebagainya.

Masalah penelitian juga bisa di definisikan sebagai penyataan yang mempersoalkan suatu variabel atau hubungan satu dengan hubungan yang lainnya pada suatu fenomena atau peristiwa, sedangkan variabel sendiri merupakan sebagai konsep yang memuat berbagai macam variasi pembeda antara sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Berikut sumber sumber masalah yang bisa di jadikan bahan penelitian.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Identifikasi masalah atau disebut juga dengan Problem Identification adalah suatu proses dan hasil pengenalan masalah atau inventarisasi masalah dengan kata lain identifikasi masalah adalah salah satu proses penelitian yang bisa dikatakan langkah paling penting diantara langkah – langkah proses yang lain.

 

Baca Juga Bachelor Degree adalah

www.draftgorenh.com

 

Sumber – Sumber Masalah Bahan Penelitian

1.Bacaan

Sumber pertama yang bisa dijadikan bahan penelitian yaitu bacaan, entah itu dari koran koran atau majalah dan lain sebagainya. Dan suatu penelitian tidak mampu menyelesaikan masalah yang sudah teridentifikasi karena ada berbagai keterbatasan peneliti atau ruang lingkup peneliti tersebut. Dan hal itu membuat seorang peneliti lebih lanjut meneliti tentang masalah – masalah yang belum bisa di pecahkan.

2. Observasi (Pengamatan)

Pengamatan yang dilakukan oleh seorang peneliti ini juga bisa melahirkan suatu terjadinya masalah baik direncanakan atau tidak di rencanakan, baik secara sengaja atau tidak sengaja, baik dalam waktu yang singkat atau waktu yang lama, baik secara terstruktur atau tidak struktur semuanya itu bisa melahhirkan sebuah masalah seperti contoh seorang guru yang mengamati dan melihat sikap seorang murid dalam kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

3. Pertemuan Ilmiah

Masalah penelitian dapat berasal dari pertemuan pertemuan ilmiah, seperti seminar, workshop, konferensi nasional, lokakarya, simposium, internasional diskusi dan lain sebagainya. Dengan adanya pertemuan ilmiah seperti itu maka akan bisa muncul berbagai masalah yang memerlukan adanya sebuah jawaban melalui sebuah penelitian.

 

identifikasi masalah adalah

 

4. Wawancara atau Angket

Dengan melakukan wawancara kepada masyarakat mengenai kondisi yang aktual juga bisa melahirkan sebuah masalah, dan dengan wawancara maka kita akan mengetahui masalah yang dihadapi oleh masyarakat tertentu.

Demikian juga dengan sama halnya dengan menyebarkan angket kepada masyarakat, dengan begitu kita juga akan menemukan masalah yang dirasakan oleh masyarakat tersebut. dan kegiatan ini biasanya merupakan suatu kegiatan awal untuk mengadakan penjajakan tentang permasalahan yang ada di lapangan serta menyakinkan adanya permasalahan – permasalahan yang ada di masyarakat.

5. Pengalaman

Pengalaman itu dapat kita katakan sebagai guru yang terbaik karena dengan adanya pengalaman, namun tidak semua pengalaman yang dimiliki oleh seorang peneliti itu selalu positif tetapi kadang – kadang juga sebaliknya mereka mempunyai pengalaman yang negatif.

Pengalaman seseorang baik dari pengalamannya sendiri maupun dari pengalaman orang lain dapat kita jadikan sebagai sumber masalah yang dapat di jawab melalui sebuah penelitian.

 

Sekian informasi dari draftgorenh.com semoga bermanfaat bagi Anda, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter