Home » Business » Inti Masalah Ekonomi dan kebutuhan yang Tidak Terbatas

Pengertian Ilmu Ekonomi

 

Semua manusia itu mempunyai masalah dan dari semua masalah yang terjadi pada manusia itu adalah maslah ekonomi dan maslah ekonomi ini tidak lain yaitu masalah keuangan mereka. Dan ilmu ekonomi itu ada agar bisa menyelesaikan masalah seperti itu selain itu ilmu ekonomi ini juga mengajarkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini, lalu apakah Anda sudah memahami betul – betul tentang inti masalah ekonomi yang tersebar di masyarakat pada umumnya?? Sebelum kita membahas tentang inti malasah ekonomi lebih baik kita mengetahui apa itu ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajari manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ilmu ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu Oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan, hukum, atau peraturan. jadi, ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu atuuran dalam rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Dan inti masalah ekonomi itu disebabkan karena adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan juga barang perlengkapan kebutuhan manusia yang terbatas dan permasalahan tersebut menyebabkan timbulnya kelangkaan  pada suatu barang atau alat yang dibutuhkan manusia. Berikut kami akan menjelaskan sedikit tentang inti masalah ekonomi, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Inti masalah ekonomi adalah jumlah kebutuhan manusia yang tidak seimbang dengan barang pemuas manusia. Dan dampak dari itu bisa menyebabkan adanya kelangkaan.

Inilah Isi Dekrit Presiden yang perlu Anda ketahui

www.draftgorenh.com

 

Inti Masalah Ekonomi

 

inti masalah ilmu ekonomi

 

Telah saya tulis di atas tadi bahwa inti masalah ekonomi itu muncul karena adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang lebih banyak di banding sumber dayanya yaitu sebuah kebutuhan manusia atau alat pemuas manusia yang tidak terbatas, dan itu bisa menyebabkan timbulnya kelangkaan. Karena pada dasarnya manusia itu mempunyai sifat yang serakah atau tidak mudah puas dengan apa yang telah dimilikinya, padahal sumber kebutuhan manusia itu jumlahnya terbatas baik dari segi jasa maupun barang, sementara inti masalah ekonomi dapat dibagi menjadi tiga perkara yaitu how (bagaimana), what (apa dan berapa), for whom (untu siapa),berikut detail tentang penjelasannya.

  1. What (apa dan berapa) Masalah ini menyangkut barang atau jasa apa yang mau di produksi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, lalu berapakah jumlah barang atau jasa yang akan di produksi??
  2. How (bagaimana) Masalah ini juga menyangkut bagaimana cara memproduksikan barang yang sudah di produksi tadi?? lalu siapa yang memproduksi?? dengan teknologi apa yang digunakan?? serta sumber daya apa yang di gunakan??
  3. For Whom (untuk siapa) Setelah masalah apa dan masalah bagaimana selanjutnya adalah masalah untuk siapa barang yang sudah di produksi?? ditujukan kemana saja barang atau jasa yang telah di produksi tersebut??

 

inti masalah ekonomi

 

Ketiga masalah diatas sangat fundamental atau sangat berhubungan dengan masalah satu dan masalah yang lainnya, ketiga masalah tersebut selalu menjadi permasalahan bagi setiap negara baik negara berkembang maupun negara maju. namun dengan demikian tidak semua negara bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara yang sama, karena permasalahan dan pemecahan maslah pada  setiap negara itu berbeda beda tergantung sistem perekonomian yang dianut atau diikuti oleh negara – negara tersebut. Masalah ekonomi yang dihadapkan pada setiap manusia itu mendorong manusia untuk bisa berfikir secara rasional selain itu juga bisa menentukan kebijakan – kebijakan yang baik agar sumber daya yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan atau melengkapi kebutuhan hidup manusia lainnya dengan semaksimal mungkin.

Nah, itulah inti dari pmasalh ekonomi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter