Home » Business » Manfaat Kerjasama Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara

manfaat hubungan Internasional

Pendahuluan

 

Hubungan Internasional adalah suatu hubungan yang penting bagi negara karena di era globalisasi ini tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri, jelas suatu negara membutuhkan negara lain baik dari segi ekspor maupun impor. Dengan adanya hubungan Internasional ini tujuan suatu negara akan mudah tercapai, selain itu perdamaian antar negara juga bisa diciptakan dengan mudah oleh negara yang bersangkutan.

Dan dalam suatu negara itu pasti ada keunggulan dan juga kelemahannya seperti negara yang banyak penduduknya dan banyak sumber daya alamnya ada juga negara yang mengandalkan keilmuwan orang – orang pintarnya tapi tidak mempunyai sumber daya alam yang cukup dan masih banyak lagi kelebihan dan kekurangan suatu negara.

Di samping itu salah satu mengatasi kekurangan yang ada di suatu negara tersebut bisa dilakukan dengan kerjasama atau hubungan antar suatu negara. Dan hubungan Internasional ini ditujukan agar setiap negara bisa mempererat hubungannya antar negara lain, selain itu manfaat dari tujuan hubungan Internasional antar negara ini bisa mengadakan berbagai kerjasama simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan bagi negara yang berhubungan. Berikut contoh mnfaat hubungan Internasional bagi suatu negara.

 

Manfaat Kerjasama Hubungan Internasional

 

manfaat perjanjian internasional

 

Kerjasama hubungan Internasional ini sangat dibutuhkan oleh suatu negara karena dengan adanya hubungan kerjasama ini suatu negara dengan negara yang lainnya akan tercipta suatu perdamaian dan juga kesejahteraan hidup yang merupakan suatu impian negara, berikut contoh manfaat kejasama hubungan Internasional bagi suatu negara.

    1. Meningkatkan Perdamaian Internasional, dengan adanya kerjasama hubungan Internasional ini maka sebuah negara dalam keadaan damai akan bisa terus membangun sekaligus mendapatkan syarat yang di butuhkan untuk memperbanyak dan juga meningkatkan kemakmuran rakyat yang di peroleh dari hasil kerjasama hubungan Internasional tersebut.
    2. Mencapai Tujuan Pembangunan Sosial Ekonomi, Tujuan sosial ekonomi ini dapat di peroleh dan dicapai dengan cara melakukan hubungan kerjasama Internasional, tujuan sosial ekonomi ini meliputi bebrapa faktor seperti perdangangan, sosial, ekonomi serta budaya yang telah disepakati secara Internasional dan yang termasuk di dalamnya adala Millenium Development Goals (MDGS).
    3. Meningkatkan Keuangan Negara, Kerjasama hubungan Internasional ini juga bisa membuat meningkatnya keuangan negara pada bidang ekonomi sebuah negara bisa mendapatkan pinjaman keuangan dari negara lain dengan syarat agar bisa melakukan proses pembangunan.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Banyak sekali manfaat tentang menjalin hubungan Internasional dan kerjasama berbagai antar negara karena itu juga merupakan salah satu hal yang terpenting untuk menjadi negara yang makmur dan sejahtera

 

Baca Juga Tahap – tahap Perjanjian Internasional

www.draftgorenh.com

  1. Meningkatkan Investasi, Kerjasama hubungan antar negara dalam bidang ekonomi juga bisa meningkatkan investasi karena akan semakin menarik minat para investor untuk menanamkan modal dalam sebuah negara, dan dengan semakin banyaknya para investor yang menananm modal maka juga akan menambah lapangan pekerjaan baru dan otomatis tingkat pengangguran dalam suatu negara juga dapat dikurangi.
  2. Dapat Meningkatkan Devisa Negara, Bekerjasama dalam bidang ekonomi lainnya juga bisa meningkatkan devisa negara, sedangkan devisa negara ini dapat di peroleh dengan cara melakukan kegiatan ekspor barang, dimana pasar semakin luas maka devisa yang akan diperoleh suatu negara juga akan meningkat dan pembangunan negara juga akan semakin baik.
  3. Meningkatkan Penanggulangan Kriminal atau Kejahatan, Manfaat lainnya dari kejasama Internasional yaitu meningkatkan penanggulangan tindak kriminal atau kejahatan seperti contoh pencucian uang, penyelundupan, terorisme, narkotika, serta perdagangan manusia dan lain – lainnya. Kerjasama ini bisa dilalui dengan cara bilateral, multilateral, dan juga regional secara inklusif.
  4. Memperkuat Posisi Perdagangan, Persaingan dalam bidang internasional itu bisa dikatakan sulit, untuk mengatasi hal itu dengan cara melakukan kerjasama untuk membuat aturan perdagangan, dan aturan yang dibuat ini akan semakin memperlancar kegiatan ekspor impor pada suatu negara.

 

Nah itulah berbagai manfaat kerjasama hubungan Internasional, inilah yang dapat saya tulis hari ini semoga bermanfaat, sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter