Home » General » Objek Kajian Ilmu Sosiologi dan Cabang – Cabangnya

objek kajian ilmu sosiologi

 

Sosiologi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang hubungan dengan manusia secara terstruktur dan juga ilmiah, selain itu Ilmu sosiologi ini juga selalu mengarahkan manusia agar selalu berpikir positif dan melaksanakan perannya dalam kehidupan masyarakat. Sementara sosiologi sendiri dari bahasa latin yaitu Socious yang bererti temen atau masyarakat sedangkan Logos dari bahasa yunani yang berarti ilmu jadi kalau di gabungkan dari arti kata tersebut sosiologi yaitu berarti ilmu masyarakat. Ilmu sosiologi juga selalu mengkaji mengimplementasikan dan mempelajari peristiwa atau fakta yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. Dan sosiologi juga mempunyai cabang – cabng ilmu, untuk mengetahui yang lebih detailnya simak penjelasan artikel di bawah ini.

 

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Objek kajian ilmu sosiologi pada dasarnya mempelajari masyarakat dan juga perilaku sosial manusia yang ada di dalam masyarakat dengan meneliti kelompok yang di bangunnya

Apakah Anda pernah membaca tentang Konflik Antar Suku??

www.draftgorenh.com

Cabang – Cabang Ilmu Sosiologi

 

Yang dapat dikatakan sebagai cabang ilmu sosiologi yaitu cabang ilmu sosiologi yang menunjukakan gejala – gejala sosial dan mempunyai hubungan – hubungan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya, berikut contoh cabang ilmu sosiologi.

  1. Sosiologi Keluarga, Yang pertama adalah sosiologi keluargadimana ilmu ini menerangkan dan menjelaskan tentang hubungan antar individu dengan keluarga, ilmu ini khusus mempelajari hubungan antar keluarga dan juga aspek – aspek yang ada di dalam keluarga.
  2. Sosiologi Pendidikan, Sosiologi pendidikan yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam berbagi ilmu baik dilingkungan formal ataupun non formal, hubungan sosial ini mempelajari kegiatan yang ada di dalam lingkungan pendidkan seperti kegiatan memberikan ilmu dari guru ke murid, sosiologi pendidikan mempelajari sistem formal, non formal dan juga informal.
  3. Sosiologi Hukum, Selanjutnya adalah cabang ilmu sosiologi hukum, sosiologi hukum ini lebih fokus pada hubungan timbal balik antara perubahan kaidah hukum dengan perubahan sosial budaya yang ada di dalam masyarakat.
  4. Sosiologi Politik, Cabang ilmu sosiologi politik ini mempelajari tentang kekuasaan dan juga negara, secara khusus sosiologi politik ini mempelajari tentang kekuasaan, pemerintahan, dan juga otoritas dalam kehidupan bermasyarakat.
  5. Sosiologi Pedesaan dan Perkotaan, Cabang ilmu sosiologi pedesaan dan perkotaan ini secara keseluruhan membahas tentang pola terbentuk hubungan antara masyarakat desa dan masyarakat kota.
  6. Sosiologi Gender atau Jenis Kelamin, Sosiologi gender atau jenis kelamin ini membahas konsep tentang hubungan yang memisahkan antara peran laki – laki dan juga peran perempuan, selain itu sosiologi gender ini membahas tentang pantas atau tidak pantasnya peran antara laki – laki dan juga prempuan karena pada dasarnya peran laki – laki dan perempuan itu berbeda dalm melakukan tugasnya masing – masing.

 

objek kajian ilmu sosiologi dan cabang cabangnya

 

Objek Kajian Ilmu Sosiologi

 

Selanjutnya Objek kajian ilmu sosiologi, objek kajian ilmu sosiologi dapat dilihat melalui sudut pandang hubungan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat, dengan kata lain objek kajian sosiologi akan kami paparkan di bawah ini.

  1. Hubungan antara individu dengan individu
  2. Hubungan antara individu dengan kelompok
  3. Hubungan antara kelompok dengan kelompok

Ruang lingkup sosiologi mencangkup pengetahuan dasar pengkajian kemasyarakatan meliputi sebagai berikut.

  1. Kedudukan dan peran sosial individu dalam keluarga, kelompok sosial, dan juga peran individu di dalam masyarakat.
  2. Nilai –  nilai dan juga norma – norma sosial yang mendasari dan memengaruhi sikap atau perilaku angggota masyarakat dalam melakukan hubungan sosial yang ada di dalam masyarakat.
  3. Perubahan sosial budaya yang terus menerus berlangsung dan disebabkan oleh faktor – faktor internal maupun faktor eksternal.
  4. Masalah – masalah sosial budaya yang ditemui dalam kehidupan sehari hari.

 

Nah itulah sedikit penjelasan atau paparan kami terhadap objek kajian ilmu sosiologi dan juga cabang – cabang ilmu sosiologi, semga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, sekian  Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter