Skip to main content

PENGANTAR ILMU EKONOMI [panduan lengkap] Arti, Fungsi & Macam-macamnya

Ekonomi merupakan mata pelajaran yang sangat digemari, karena pada ilmu ini banyak mempelajari mengenai hal-hal yang menyangkut dengan ekonomi, bahkan dengan ilmu ekonomi ini kita dapat mengetahui pereekonomian yang sedang terjadi di suatu Negara. Namun ada pula yang tidak menyenangi mata pelajaran ini, hal itu dikarenakan banyaknya rumus-rumus juga rumitnya ketika harus mempelajari tentang hal-hal yang ada didalamnya.

Namun jangan anda khawatir sebab pada artikel ini akan dibahas oleh penulis mengenai pengantar ilmu ekonomi, siapa tahu dengan pengantar yang ingin disampaikan anda semua tertarik untuk mempelajarinya. Ok, jangan kemana-mana ya! Pokoknya ikuti artikel ini sampai selesai, jika tidak dijamin menyesal lho nanti!

artikel pengantar ilmu ekonomi

Sedikit ulasan tentang ilmu ekonomi:

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, yang memiliki arti  bahwa untuk menyayangi sesuatu kita harus mengenalinya terlebih dahulu. Begitu pula dengan ilmu ekonomi, perlu kita ketahui jika ingin mendalami ilmu tersebut harus mengenalnya terlebih dahulu, apa sebenarnya ilmu ekonomi itu?Ilmu ekonomi adalah sebagai berikut ini, lihat ulasan di bawah ini:

Sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan bahwa ilmu ekonomi sangat berguna dan  bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.  Oleh karena itu ilmu pengatahuan menempatkan kedudukannya sejajar dengan ilmu-ilmu lain. Sehingga tidak heran apabila suatu saat berhasil ditemukan metode-metode baru dan juga teknologi baru. Karena IPTEK masih akan terus berkembang juga harus selalu dikembangkan, mengapa demikian? Karena untuk menjawab tantangan zaman yang dari hari ke hari mengalami kemajuan yang sangat drastic.

pengantar ilmu ekonomi

Permasalahan inti dalam ekonomi:

Inti dari permasalahan ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan atau kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas yang jumlahnya sangat terbatas. Permasalahan tersebut menimbulkan kelangkaan barang mau pun jasa.

  1. Definisi ekonomi.

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.  Kata “Ekonomi“ sendiri barasal dari kata yunani Oikos yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan Nomos, atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.

Prof. Paul Anthony Samuelson ( ahli ekonomi dari Massachussets Institute of Technologi ) berpendapat bahwa terdapat 6 definisi tentang ekonomi  di antaranya adalah sebagai berikut:

pengantar ilmu ekonomi makro

  1. Ilmu ekonomi / ekonomi politik adalah suatu studi tentang kegiatan yang dengan / tanpa menggunakan uang, mencakup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia.
  2. Suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memenfaatkan sumber-sumber produktif yang langka dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai barang serta mendistribusikannya kepada anggota masyarakat untuk mereka konsumsi.
  3. studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
  4. studi tentang bagaimana manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksi
  5. suatu studi tentang kekayaan.
  6. suatu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.
  7. Asas-asas ekonomi.

Terdapat tiga asas dalam permasalahan ekonomi:

  1. Barang apa yang akan di buat (what).
  2. Bagaimana barang tersebut dihasilkan (how).
  3. Untuk siapa barang tersebut dihasilkan (for whom).

Ruang lingkup ilmu ekonomi:

pengantar ilmu ekonomi mikro sadono sukirno

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia, yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Tindakan , Motif , dan Prinsip Ekonomi. Dalam Ilmu ekonomi kita harus mempunyai tindakan, motif, dan prinsip ekonomi. Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga kompor sangat mahal, begitu juga dengan gasnya. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :

  1. Tindakan ekonomi yang rasional, setiap usaha manusia yang berdasarkan pilihan yang paling menguntungkan di antara yang lain, dan kenyataannya demikian.
  2. Tindakan ekonomi yang irasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan paling menguntungkan, namun pada kenyataannya tidak demikian.

Hubungan ilmu ekonomi dengan ilmu yang lain:

pengantar ilmu ekonomi mikro

Dari segi yang lain, ilmu di bagi menjadi dua. Masing-masing adalah ilmu murni (pure science) dan ilmu terapan (applied science) ilmu murni bertugas untuk menyempurnakan dan menjaga kelangsungan hidup serta pengembangan ilmu itu sendiri, sedangkan ilmu terapan gunanya adalah untuk diterapkan di dalam hidup dan kehidupan manusia sehari-hari. Demikian kita kenal dengan sosiologi sebagai ilmu murni dan sosiatri sebagai ilmu tempatnya. Psikologi sebagai ilmu murni, sedangkan psikiatri  sebagai ilmu terapan. Beberapa cabang ilmu yang lain tidak mempunyai nama khusus untuk ilmu murni dan ilmu terapannya  sebagai mana yang mempunyai oleh sosiologi dan psikologi.

Ilmu ekonomi, misalnya sebagai bagian bersama pure economics atau economic theory dan appled economics (ilmu ekonomi terapan)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ilmu ekonomi termasuk kedalam ilmu social, sedangkan ilmu social itu adalah ilmu tentang manusia serta masyarakat untuk sekelompok manusia hidup didalamnya. Dengan demikian jelaslah subjek ekonomi itu pertama adalah manusia itu sendiri dan kedua adalah bahan-bahan yang terlibat didalam kegiatan perekonomian seperti misalnya toko, perusahaan, departemen keuangan, lembaga konsumen dan sebagainya. Semuanya itu adalah subjek-subjek ilmu ekonomi adapun subjek ilmu ekonomi adalah cara-cara serta tindakan yang ditempuh oleh manusia dalam pengalokasian sumber-sumber yang ada. Itulah subjek dan objek ilmu ekonomi.

pengantar ilmu ekonomi semester 1

Memang, sedemikian besar peranan yang dimainkan ilmu ekonomi dalam mempengaruhi masyarakat manusia sehingga diseluruh dunia ini dimulai dari masyarakat yang paling primitive dan kanibal hingga masyarakat-masyarakat yang paling modern sekalipun, tidak ada yang terlibat dalam proses perekonomian.

Nah demikian tadi beberapa uraian mengenai pengantar ilmu ekonomi, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua para pembaca yang berbudiman. Artikel ini sengaja penulis rangkum dari berbagai sumber, ok sekian dulu jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya dengan topic yang berbeda.

Writen by

hargitoktil

Writen By hargitoktil

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *