Home » Education » Pengertian dan Juga Ciri – Ciri Negara Kesatuan Lengkap & Jelas

ciri-ciri negara kesatuan

Pengertian Negara Kesatuan

Tahukah Anda apa itu negara kesatuan?? Negara kesatuan adalah suatu bentuk negara tunggal yang hanya mempunyai satu bentuk pemerintahan pusat yang mengatur seluruh wilayah – wilayah atau daerah – daerah dan tidak ada wilayah atau daerah yang bersifat seperti negara

Negara kesatuan ini mempunyai pemerintah pusat yang memegang penuh kekuasaan dan kedudukan yang tertinggi dalam suatu bentuk pemerintahan, pada negara kesatuan pemerintah pusat dapat melimpahkan wewenangnya ke kabupaten, kota atau satuan pemerintahan.

Selain itu pelimpahan wewenang ini tidak di atur dalam konstitusi melainkan melalui peraturan perundang undangan. Sebagian kekuasaan pemerintah pusat dapat diberikan kepada pemerintah daerah melalui otonomi, dengan hal ini sering disebut dengan Desentralisasi.

Meskipun dengan begitu pemerintah pusat masih memiliki peranan dan juga kekuasaan yang tertinggi, dan negara kesatuan ini dapat dibagi menjadi dua macam yakni negara kesatuan sistem desentralisasi dan juga negara kesatuan sistem sentralisasi.

Dan tahukah Anda apa itu negara kesatuan desentralisasi dan juga negara kesatuan sentralisasi?? Berikut penjelasan selengkapnya tentang negara kesatuan desentralisasi dan juga negara kesatuan sentralisasi.

 

1. Negara Kesatuan Desentralisasi

Definisi dari negara kesatuan dengan sistem desentralisasi yaitu dimana pemerintah pusat tidak memegang seluruh kekuasaan pemerintahan, sebagian pemerintahannya di berikan kepada daerah daerah yang ada di negara tersebut, dan negara kesatuan dengan sistem desentralisasi ini memiliki ciri – ciri yang melekat yaitu dekonsentrasi, desentralisasi dan juga tugas pembantuan. Dan dalam sistem ini maka setiap daerah diberi kekuasaan untuk mengolah dan mengatur daerahnya sendiri -sendiri dalam artian setiap daerah memiliki hak otonomi untuk menyelenggarakan kekuasaannya.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Ciri – ciri negara kesatuan itu meliputi sebagai berikut:

  • Terdiri dari satu undang – undang dasar, kepala negara atau presiden, dewan mentri, dan juga dewan perwakilan rakyat.
  • Kedaulatan negara mencangkup kedaulatan ke dalam dan juga kedaulatan ke luar yang telah di tanda tangani oleh pemerintah pusat.
  • Menganut dua sistem yaitu sistem sentralisasi dari pusat dan juga sistem desentralisasi dari daerah.
  • Hanya menggunakan satu kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi seperti masalah ekonomi, budaya, sosial, politik, keamanan dan juga pertahanan.

Baca Juga Manfaat Hubungan Internasional

www.draftgorenh.com

2. Negara Kesatuan Sentralisasi

Sedangkan definisi dari negara kesatuan dengan sistem sentralisasi yaitu pemerintah pusat yang memegang seluruh tampuk kepemimpinan pemerintahan dalam semua bidang apapun, sedangkan pemerintah daerah hanya menjalankan atau melaksanakan program yang telah dibuat oleh pemerintah pusat.

Pengertian Negara Serikat

Setelah kita mengetahui pengertian tentang negara kesatuan mari kita bahas lebih lanjut tentang negara serikat atau federasi. Negara serikat atau federasi ini adalah negara yang bersusun jamak dimana dalam suatu negara masih ada negara lagi dan itu biasa disebut dengan negara bagian. Negara – negara bagian tersebut semuanya berdiri sendiri tetapi kemudian negara – negara tersebut membentuk suatu ikatan dengan negara lain dan menggabungkan diri dalam satu federasi dengan sistem pemrintahan yang federal. Dan ikatan yang dibentuk tersebut sifatnya tetap (fixed) jadi dimana negara – negara bagian tersebut yang sudh bergabung tidak dapat keluar masuk lagi dari negara serikat tersebut.

 

ciri - ciri negara kesatuan

Nah itulah pengertian – pengertian tentang negara kesatuan dan juga negara serikat selanjutnya dibawah ini adalah ciri – ciri yang ada pada negara kesatuan dan juga negara serikat. Berikut selengkapnya.

 

Ciri – Ciri Negara Kesatuan

  1. Terdiri dari satu undang – undang dasar, kepala negara atau presiden, dewan mentri, dan juga dewan perwakilan rakyat.
  2. Kedaulatan negara mencangkup kedaulatan ke dalam dan juga kedaulatan ke luar yang telah di tanda tangani oleh pemerintah pusat.
  3. Menganut dua sistem yaitu sistem sentralisasi dari pusat dan juga sistem desentralisasi dari daerah.
  4. Hanya menggunakan satu kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi seperti masalah ekonomi, budaya, sosial, politik, keamanan dan juga pertahanan.

Ciri – Ciri Negara Serikat atau Federasi

  1. Kepala negara yang dipilih rakyatnya harus bertanggung jawab penuh atas rakyatnya.
  2. Kepala negara memiliki hak veto yang diajukan oleh parlemen.
  3. Masing – masing negara bagian memiliki kekuasaan tetapi tidak memiliki kedaulatan.
  4. Setiap negara mempunyai wewenang untuk menyusun undang undangnya sendiri.
  5. Pemerintah pusat memiliki kedaulatan baik di dalam maupun di luar.

 

Nah itulah pengertian dan ciri-ciri negara pusat dan juga negara serikat atau federasi, semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan wawasan Anda sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter