Home » Education » Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Beserta Contohnya

Tahukah anda apa itu hak warga negara?? jika Anda belum mengetahuinya kami akan mencoba belajar sedikit bersama Anda tentang hak warga negara, terutama kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mengetahui tentang hak dan kewajiban kita terhadap negara Indonesia dan melaksanakan aturan yang berlaku di negara Indonesia ini, karena pada dasarnya suatu negara itu mempunyai hak dan kewajiban kepada rakyat atau warga negaranya. Berikut penjelasan kami tentang pengertian hak, kewajiban dan warga negara.

 

hak dan kewajiban warga negara

 

Pengertian Hak Kewajiban dan Warga negara

 

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Hak warga negara yaitu segala sesuatu yang harus di terima oleh setiap individu namun ada batasan atau aturan dengan negara tersebut.

Baca juga Inti Masalah Ekonomi yang perlu Anda ketahui

www.draftgorenh.com

  1. Hak, Hak adalah segala sesuatu yang berhak dimiliki oleh setiap individu sejak dia dilahirkan di dunia ini, adapun dalam kamu besar bahasa indonesia hak itu meliputi, kekuasaan, kepemilikan, kewenangan, kepunyaan, dalam berbuat sesuatu atau menuntut sesuatu karena sudah ditentukan oleh sebuah peraturan, undang undang dan lains sebagainya. Pada umumnya hak ini di dapatkan oleh sebuah perjuangan yang telah ia lakukan, maksud dari perjuangan yaitu melakukan sebuah pertanggung jawaban atas kewajibannya. Contoh hak yaitu hak mengusulkan pendapat, hak bebas dari perbudakan, hak memilih agama, hak untuk mendapatkan pendidikan, dan lain sebagainya.

  2. Kewajiban, Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan atau di lakakukan oleh semua individu agar bisa mendapatkan haknya secara layak, kearena dengan melakukan kewajiban ini hak yang diperoleh itu menjadi hasil karena kita sudah melakukan kewajiban, dalam kaidah lain suatu kewajiban itu bisa dikatakan sebagai hutang yang harus kita lunasi agar kita mendapatkan hak yang layak. Suatu kewajiban harus dilakukan dengan rasa penuh tanggung jawab seperti contoh kewajiban yaitu melaksanakan tata tertib sekolah bagi siswa siswi atau pelajar, mentaati peraturan lalu lintas bagi para pengendara kendaraan, melaksanakan sholat 5 waktu bagi umat muslim, mambayar biaya pendidikan, melaksanakan tugas sekolah, melaksanakan tugas pekerjaan dan masih banyak contoh lainnya.

  3. Warga Negara, Warga negara adalah suatu masyarakat atau warga yang sepenuhnya dapat diatur oleh pemerintahannya dan mengakui pemerintah itu sendiri. Warga negara juga bisa diartikan sebagai salah satu anggota negara jadi warga negara itu bukanlah orang asing atau warga asing tapi bila bukan warga negara mereka itu dianggap orang asing atau warga negara asing.

 

Pengertian Hak Warga Negara

 

hak warga negara

 

Hak Warga Negara itu berbeda dengan Hak Asasi Manusia atau yang sering kita dengar dengan singkatannya yaitu HAM, Hak asasi manusia yaitu hak dasar yang diperoleh oleh semua manusia semenjak dia lahir di dunia ini dan hak itu diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi manusia tidak bisa diambil oleh setiap manusia sampai kapanpun, sementara hak asasi manusia itu tak mengenal adanya batasan – batasan dengan negara . Contoh dari hak asasi manusi yaitu hak beragama, hak mendapatkan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Sedangkan hak warga negara yaitu hak yang diterima setiap manusia yang berada di suatu negara tertentu, hak warga negara ini dibatasi dengan adanya aturan yang berlaku di negara tersebut. Contoh hak yang dapat diperoleh sebagai warga negara yaitu hak mendapatkan perlidungan dari pemerintah, setiap warga negara memperoleh pendidikan dan pengajaran, memperoleh pengakuan dari negara tersebut, setiap warga negara mempunyai hak memilih dan menjalankan kepercayaan agama masing – masing, dan setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahannya.

 

Nah itulah penjelasan tentang hak warga negara yang dapat kami tulis, semoga artikel in dapat bermanfaat bagi Anda, sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter