Home » General » Pengertian Urusan Pemerintah Pusat

pembagian urusan pemerintahan pusat dan daerah

 

Negara Indonesia merupakan negara demokrasi yang berbentuk pulau – pulau dan bersatu menjadi nusantara, berdasarkan hal tersebut dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1 berbunyi bahwa negara Indonesia itu merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Sebagai negara kesatuan negara kita mempunyai wilayah wilayah atau daerah yang kecil sehingga penyelenggaraan pemerintah, pemerintah pusat membagi kekuasaan kepada pemerintah daerah sehingga tampuk kepemimpinan dalam mengatur daerah menjadi urusan pemerintah daerah.

Pemerintah pusat adalah salah satu pemerintahan yang dipengang oleh presiden dengan dibantu wakil presiden dan juga mentri – mentri yang lainnya juga, dengan kata lain pemerintahan pusat itu pemerintahan secara nasional yang berkedudukan di wilayah ibukota negara Indonesia. Berikut rusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintahan pusat.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Inilah Website yang paling cocok dan teraktual, dan untuk mendapatkan artikel artikel selanjutnya silahkan Anda kunjungi website terbaik kami di

www.draftgorenh.com

Urusan Pemerintah Pusat

 

  1. Politik Luar Negri, Politik luar negri juga menjadi urusan pemerintah pusat, politik luar negeri juga dapat dilakukan dengan mengangkat pejabat diplomatik dan menunjuk berbagai warga negara untuk duduk dalam lembaga internasional, yang menetapkan perjanjian dengan negara lain, yang menetapkan kebijakan perdagangan dengan luar negeri, menetapkan kebijakan apapun dengan luar negeri dan sebagainya yang berhubungan dengan luar negeri.
  2. Pertahanan Militer, Menyatakan perdamaian dan perang, mendirikan dan membentuk angkatan bersenjata, membangun serta mengembangkan sistem persenjataan militer dan pertahanan negara, menyatakan negara dalam keadaan aman ataupun bahaya, menetapkan kebijakan wajib militer dan juga bela negara bagi setiap warga negara dan sebagainya.
  3. Keamanan Negara, Membentuk dan mendirikan kepolisian negara, selain itu menetapkan kebijakan keamanan nasional, menindak dengan tegas orang yang melanggar aturan – aturan negara, memberantas kelompok – kelompok kriminal atau organisasi yang dapat menganggu keamanan negara dan sebagainya.
  4. Peradilan Negara (Yustisi), Mendirikan lembaga keadilan, mengangkat hakim atau jaksa, membentuk undang – undang, menetapkan kebijakan perhakiman, emberikan abolisi, amnesti, dan grasi, selain itu juga menetapkan kebijakan keimigrasian, membentuk peraturan pemerintah pengganti undang – undang, dan peraturan lain yang berskala nasional dll.
  5. Moneter dan Fiskal Nasional, Menentukan nilai mata uang, mencetak mata uang, menetapkan kebijakan moneter, dan juga mengendalikan peredaran mata uang.
  6. Agama, Menetapkan hari libur keagamaan yang berlaku secara nasional, menetapkan kebijakan dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan

Dan pembagian urusan pemerintahan ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu urusan pemerintahan absolut, urusan pemerintahan konkuren, urusan pemerintahan umum. Ketiga urusan tersebut dibagi menjadi urusan domain pemerintah pusat dan daerah dan asas yang di gunakan ini terdiri dari asas dekonsentrasi, desentralisasi, serta asas tugas pembantuan.

Nah itulah sedikit pengertian tantan urusan pemerintahan pusat, dan bila Anda ingin mengetahui informasi informai lain yang bisa bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan Anda, Anda juga bisa selalu mengunjungi website kami, karena kami akan selalu update untuk setiap harinya, dan semoga bisa bermanfaat bagi Anda, sekian Terimakasih.

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter