Home » General » Solusi dan Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

cara-mengatasi-pengangguran-di-indonesia

Pengangguran adalah salah satu masalah sosial yang harus diatasi dengan tepat, karena terdapat sangat banyak dampak dari pengangguran salah satunya akan berdampak pada kehidupan perekonomian dan juga kehidupan masalah sosial masyarakat. Oleh karena itu harus ada solusi untuk menekan jumlah pengangguran terutama di negara kita yaitu Negara Indonesia, dan secara umum cara mengatasi pengangguran adalah dengan meningkatkan investasi, meningkatkan SDM, pembenahan perangkat hukum dalam bidang ketenagakerjaan. Berikut cara – cara mengatasi masalah pengangguran pada umumnya dan pengangguran dapat dibagi 4 macam yaitu pengangguran siklis, pengangguran friksional, pengangguran struktural, dan juga pengangguran musiman.

  1. Pengangguran Siklis, Adanya pengangguran ini dikarenakan menurunnya kegiatan perekonomian di suatu negara, dan penurunan ekonomi di sebabkan oleh lemahnya konsumsi maka ketika permintaan turun maka produksi barang akan berkurang.
  2. Pengangguran Friksional, Pengangguran friksional ini tak dapat dihindari satu satunya menghindari adanya pengangguran friksional ini dengan cara memberikan informasi – informasi lowongan pekerjaan dan penawaran pekerjaan, sehingga proses pelamaran, seleksi, penerimaan bisa segera dilakukan dan adapun pengambilan keputusan menerima atau ditolak agar lebih cepat dan diefisiensi waktu.
  3. Pengangguran Struktural, Pengangguran seperti ini terjadi karena perubahan struktur ekonomi, yang awal mula para pekerja di bidang agraris atau pertanian pindah menjadi  industri atau  pabrik, untuk mengatasi ini pemerintah hanya bisa memberikan pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan membuka lapangan kerja yang baru
  4. Pengangguran Musman, Pengangguran musiman ini dapat diatasi dengan memberikan informasi yang jelas tentang lowongan pekerjaan di bidang lain selain itu juga memberikan pelatihan kepada tenaga kerja yang baru agar mereka bisa bekerja disaat musim tertentu.

Apakah Anda Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan??

Pengangguran adalah masalah utama yang harus diatasi untuk itu teruslah semangat dan berjuang!!

kunjungi kami di

www.draftgorenh.com

Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum

Banyak cara yang harus dilakukan untuk mengatasi pengangguran berikut cara mengatasi pengangguran secara umum

  • Memberikan pendidikan gratis bagi yang kurang mampu, rata – rata jumlah pengangguran itu di miliki oleh orang yang tidak berpendidikan, jadi masalah utama pengangguran adalah tidak memiliki pengetahuan yang cukup sehingga sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Sebaiknya pemerintah menyediakan tempat lapangan kerja sehingga dapat membantu dan mengatasi tingkat pengangguran.
  • Tidak hanya pemerintah masyarakat setempat pun seharusnya juga di himbau menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  • Selain itu menyediakan tempat tempat keterampilan seperti kursus menjahit, kerajinan tangan dll. Walaupun tidak punya pendidikan tetapi mereka mempunyai modal ketrampilan untuk bekerja sesuai dengan skillnya, karena di dunia kerja yang di butuhkan adalah ketrampilan skillnya.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengangguran, untuk itu bila tidak banyak bisa membantu setidaknya masyarakat setempat tidak mengucilkan atau mempermasalahkan si penganggur, dan mereka akan merasa rendah diri dan jika ras rendah diri ada padanya maka untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit baginya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Dan untuk Anda yang masih menganggur teruslah semangat dan optimis janganlah mudah putus asa dengan keadaan Anda, bangkit dan berjuanglah.

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter