Home » Education » Tanggung Jawab dan Wewenang Pemerintah Pusat

Indonesia adalah salah satu negara yang merdeka pada tahun 1945 pada tepatnya 17 Agustus tahun 1945, dan negara Indonesia ini menganut sistem pemerintahan presidensial dan juga parlementer yang menunjukakan adanya pemerintahan yang menjunjung tinggi demokrasi dalam melakukan sistem pemerintahannya. Negara Indonesia ini telah mengalami perubahan sistem pemerintahan yang awal mula dari pemerintahan orde lama, pemerintahan orde baru, dan orde reformasi. Dan pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk membangun negara Indonesia menjada bangsa yang lebih baik dan memilik stabilitas nasional yang mantap berdasarkan dasar negara pancasila. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas pemerintahan Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat akan tetapi juga dibagi 2 yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dan berikut wewenang pemerintah pusat jika dilihat dari UU No 32 tahun 2004.

 

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Wewenang antara pemerintah pusat dan pemerinah daerah itu berbeda untuk itu harus difahami betul agar tidak terjadi tumpang tindih dalam menjalani kebijakan nasional

Dan apakah Anda ingin membaca Urusan Pemerintah Pusat

www.draftgorenh.com

Wewenang Pemerintah Pusat

 

wewenang-pemerintah-pusat

 

  • Mengatur Politik di Luar Negeri, Wewenang pemerintah pusat yang pertama adalah mengatur jalannya proses politik di luar negeri. Indonesia juga menganut hubungan – hubungan dengan luar negeri, hubungan Indonesia tidak hanya menyangkut masalah ekonomi atau keamanan saja namun Indonesia juga mempunyai hubungan politik dengan negara lain, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia tidak mencampuri urusan negara lain, da Indonesia menganut sistem politik bebas aktif  yang dimana Indonesia juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia namun tidak mencampuri urusan negara lain. Hal ini harus bisa dimengerti oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar tidak terjadi tumpang tindih dalam melakukan tugas walaupun politik luar negeri ada hubunganya dengan pemerintah daerah tetap saja yang berhak dalam menentukan proses hubungan politik dengan luar negeri  yang menentuakn adalah pemerintah pusat.

 

  • Mengatur Pertahanan Nasional, Selanjutnya yang menjadi wewenang pemerintah pusat adalah segala sesuat yang berkaitan dengan pertahanan nasional, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerjasama dalam hal membangun pertahanan nasional yang stabil namun pemerintah daerah tidak mempunyai hak dan wewenang dalam mengatur kebijakan yang berkaitan dengan pertahanan nasional, karena hak dan wewenang sepenuhnya ada di tangan pemerintah pusat sedangkan pemerintah daerah hanya mempunyai peran sebagai pelakasana di lapangan karena hanya pemerintah daerah saja yang mengerti tentang wilayah kekuasaan dan masyarakat di daerah tersebut.

 

  • Mengatur Bidang Keamanan Nasional, Keamanan nasional adalah salah satu yang harus dijaga baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,  untuk hal ini pemerintah pusat harus mengatur dan menjaga keamanan nasional yang berada di darat, laut, maupun udara. Karena kebijakan nasional ini diperlukan untuk menjaga keamanan nasional dari gangguan dalam maupun gangguan luar yang bisa menyebabkan konflik. Dan dalam mengatur kebijakannya pemerintah pusat harus bisa bersama dengan pemerintah daerah agar dalam menjalankan kebijakan nasional dapat berjalan dengan baik.

Nah itulah sedikit tentang tanggung jawab dan wewenang pemerintah pusat masih ada lagi wewenang pemerintah pusat seperti wewenang dalam hal yustisi, wewenang fiskal atau moneter, dan juga wewenang agama. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda, sekian Terimakasih.

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter