Home » Business » Tugas – Tugas Account Officer Beserta Tanggung Jawabnya

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Account Officer atau AO. Account officer adalah salah satu seorang pegawai atau aryawan yang bekerja di sebuah perusahaan di dalam bagian pengkreditan, dan account officer ini memiliki peranan penting pada tugas bagian pemasaran produk kreditan maupun di perusahaan yang berkaitan dengan kredit. Untuk itu seorang AO atau account officer harus mengetahui ilmu pengkreditan tentang apa itu kredit dan apa saja saja kegiatan kredit.

tugas account officer

 

Seperti yang Anda ketahui bahwa istilah kata account office itu berasal dari bahasa inggris yaitu account yang artinya akun, dan akun disin diartikan sebagai klien atau nasabah dalam dunia finansial atau perbankan. Dan officer yang dapat diartikan dengan petugas atau orang yang menangani, jadi secara umum account officer ini adalah salah satu seseorang petugas atau karyawan yang kesehariannya menjalankan atau menangani hal – hal yang berbau klien. Dan dikarenakan sangat pentingnya posisi klien di dunia finansial dan juga perbankan maka di bentuklah accoun officer atau AO di dalam perusahaan. Berikut Tugas – tugas account officer.

 

Tugas – Tugas Account Officer

1. Melakukan Pengenalan Produk Terhadap Klien, Nasabah, atau Konsumen

Di dalam tugas ini tanggung jawab utama seorang account officer ini yaitu memberikan pengenalan produk dari perusahaan Anda kepada klien, nasabah, maupun konsumen dan produk yang ditawarkan itu biasanya bukan barang melainkan jasa, baik jasa pinjaman, kredit, deposito dan lain lain yang ada hubungannya dengan dunia perbankan dan juga finansial.

Dang pengenalan produk dari perusahaan inipun dapat dilakukan dimana saja baik di kantor ketika ada klien, di pameran atau tempat – tempat yang ramai, atau bahkan petugas account officer turun langsung ke lapangan dengan mendatangi klien secara langsung di perusahaannya dan masih banyak lagi tempat – tempat yang bisa dijadikan accoun officer engenalkan produknya.

2. Menjaga Hubungan yang Baik dengan Klien, Nasabah, atau pun Konsumen (Follow Up)

Baik terhadap konsumen baru, klien atau nasabah yang sudah lama harus ada hubungan yang baik nama lainnya yaitu follow up. Dan cara menjalin hubungan ini berbagai macam bisa melalui telefon, sms, wa dan lain sebagainya atau bisa juga mendatangi langsung kepadanya guna hanya walaupun tanya masalah tentang kabar saja.

Dan mengapa harus melakukan hal demikian?? karena dengan melakukan ini klien, nasabah, atau konsumen baik baru ataupun sudah lama maka mereka akan merasa diperhatikan  dan ini juga membuat nilai plus bagi account officer yang bekerja di perusahaan tersebut.

3. Memberikan Penjelasan Terhadap Klien, Nasabah, atau Konsumen yang Tidak Mengerti

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan

Tugas account officer adalah melakukan pemasaran produk perbankan atau perusahaan yang berkaitan dengan kredit

 

Baca Juga Identifikasi masalah

www.draftgorenh.com

Tugas account officer selanjutnya yaitu memberikan penjelasan atau penerangan kepada para klien, nasabah, atau konsumen yang tidak mengerti tentang apa yang Anda kenalkan. Dan ini bertujuan agar tidak terjadi kesalah pahaman di kemudian hari, dan jika terjadi kesalahfahamn maka resiko atau tanggung jawab account officer ini sangat berat bahkan bisa di keluarkan dari perusahaan di karenakan tidak memberikan penjelasan atau penerangan terhadap klien.

 

tugas dan tanggung jawab AO

 

Lalu tugas lainnya yang harus di kerjakan oleh account officer yaitu berkoordinasi dengan marketing, memberikan solusi kepada klien, memberikan kelayakan konsumen, dan juga membuat laporan.

 

Tanggung Jawab Account Officer

  1. Memastikan produk perusahaan terkontribusi dan diperkenalkan dengan baik.
  2. Memastikan konsumen, nasabah, dan juga klien memahami dengan baik.
  3. Memastikan hubungan terhadap klien terjaga dengan baik.
  4. Memastikan konsumen mendapatkan solusi yang tepat tentang permaslahan yang dialaminya.
  5. Menjaga kredibilitas dan juga nama perusahaan dengan baik.

 

Nah itulah tugas dan tanggung jawab account officer semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami

Menulis adalah hobi kami, membagikan ilmu bermanfaat adalah energi kami. Menambah ilmu adalah bensin kami.

Hubungi kami di halaman kontak kami.

Artikel Bermanfaat

Media Informasi Online


var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,3931198,4,0,0,0,00010000']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); simple hit counter